Kisah Sadako dan Bangau Kertasnya

Selain tanda ‘peace’ yang dilambangkan dengan jari tangan yang membentuk tanda ‘V’, simbol perdamaian lain yang dikenal oleh dunia adalah bangau kertas atau paper crane. Ada sejarah mengapa bangau kertas bisa menjadi simbol bagi dunia yang damai. Simbol ini sangat dekat dengan negara Jepang, karena awalnya kepercayaan melipat kertas menjadi bentuk bangau sebanyak 1000 buah untuk mengabulkan suatu permohonan seperti doa kesehatan atau panjang umur ini adalah tradisi dari rakyat Jepang sejak dahulu.

Ada satu kisah yang sangat menarik dan menyentuh tentang sejarah lahirnya simbol ini. Sadako Sasaki, seorang gadis kecil Hiroshima yang menderita leukimia sebagai dampak dari ledakan bom atom di Hiroshima tanggal 6 Agustus 1945 silam, menghabiskan hari-harinya sebelum meninggal untuk melipat 1000 bangau kertas sebagai permohonannya untuk sembuh dan berumur panjang. Meskipun semakin hari fisiknya semakin lemah, ia terus bersemangat untuk melipat 1000 bangau kertas. Sadako berhasil melipat 1000 lebih bangau kertas sebelum Tuhan memanggilnya. Ia meninggal pada tahun 1955 saat usianya 12 tahun. Kisah inilah yang menjadi inspirasi bagi dunia untuk menjadikan bangau kertas sebagai simbol perdamaian dunia.

kubah bom atom

Di Hiroshima sendiri, terdapat sebuah taman bernama Hiroshima Memorial Park yang didedikasikan untuk mengenang peristiwa jatuhnya bom nuklir di Hiroshima yang memakan lebih dari 140.000 jiwa 70 tahun silam. Di salah satu bagian taman itu terdapat sebuah area yang disebut Children’s Peace Monument yang di dalamnya terdapat sebuah ruang kaca yang berisikan jutaan rangkaian bangau kertas dari berbagai belahan dunia sebagai lambang partisipasi warga dunia dalam perdamaian. Di area itu pula terdapat sebuah monumen untuk mengenang Sadako berupa patung Sadako yang berdiri di atas tower melengkung dan tangannya mengangkat sebuah kerangka bangau kertas raksasa. Sampai sekarang, kisah Sadako ini masih terus diceritakan di sekolah-sekolah saat memperingati peristiwa jatuhnya bom atom di Hiroshima-Nagasaki. Setiap tanggal 6 Agustus pukul 08.15, diadakan upacara di Hiroshima Memorial Park untuk mengenang tragedi ini dan pada tanggal itu pula ditetapkan sebagai Sadako Peace Day oleh rakyat Jepang. Semoga seruan perdamaian oleh Sadako dan bangau-bangau kertasnya ini tidak akan pernah hilang sampai kapan pun.

sadako peace monument

PS: Kau akan merasa ada suatu hawa mistis yang aneh saat memasuki kawasan Hiroshima Memorial Park dan Museum. Seperti ada banyak manusia di sana yang menyambut kedatangan kita dengan damai.

Quotes: Love and peace, beautiful world, perfect age, happy generations. The thing we have lost along the way. Hold on, something is wrong. Just what are we forgetting? Where’s LOVE?

– Love The Warz by Sekai No Owari –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s