Apa yang Terjadi Jika Kau adalah Beswan Djarum [4] : Leadership Development

Sudah tiga bulan berlalu sejak saya mengikuti Leadership Development batch 7 di Yogyakarta. Tapi ilmunya tetap. Ilmu apa? Di Leadership Development ini, Beswan Djarum mendapat materi dan pelatihan mengenai” how to be a good leader”. Ya, bukan hanya cara menjadi seorang pemimpin, namun juga bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik. Sebuah acara yang dikemas dalam bentuk talkshow (saya lebih prefer menyebut “talkshow” daripada “seminar” yang kesannya formal banget. Hihihi) dan menghadirkan pembicara handal dalam bidang masing-masing. Nggak terbayang kau akan ketemu siapa deh. Yang pasti kau akan terkagum-kagum.

Pada dasarnya kita “dikurung”, ditempatkan dalam satu ruangan untuk mendapat materi-materi. Tapi anehnya, “pengurungan” yang satu ini nggak membuat bosan. Justru kita malah senang. Materi bukan materi yang itu-itu melulu. Materi sangat menarik dan penyajian juga interaktif. Seumur-umur ikut “pelatihan”, baru kali ini waktu terasa lewat begitu saja. Biasanya saat pelatihan, orang-orang akan berulang kali tengok jam, berharap waktu cepat habis.Tapi yang ini beda. Mulai dari materi tentang mengenali diri sendiri, visi dan misi seorang pemimpin yang baik, public speaking (seru brow dan bakal kaget siapa yang bicara), teknik menulis yang baik, dan yang paling cetar ada motivasional session dari motivator internasional asal Singapura, Mr. James Gwee. Kayak berada di dunia lain deh pas sesi doi. Kita akan dibawa ke suatu alam di mana fokus mengenai bagaimana seorang pemimpin yang baik itu bekerja, akan menguasai kita. Hahaha.

Kelompok yang sudah dibagi (untuk batch 7, kelompok dinamai nama tembang jawa) diberi sebuah project yang harus selesai dalam semalam (waktu pengerjaan sekitar 4 jam tok) dan akan dipresentasikan hari berikutnya. Kejutan detil akan kau dapat sendiri jika kau adalah Beswan Djarum. Hihi. Yang pasti, di sana kita akan ketemu banyak teman (wich is about 90 people per batch) Beswan dari seluruh Indonesia, nginap di hotel yang nyaman banget, dan bonus di batch 7, ketemu artis-artis ANTV dan artis Mahabarata, yang saat itu adalah perayaan ulang tahun mereka. Wkkwk.

Di akhir sesi, diadakan Debate Competition yang persiapannya semalam sendiri (persiapan yel yel sama hura-hura juga). Dibagi menjadi tim pro dan kontra, dan salah satu pihak yang akan menang dan dapat kenang-kenangan dari Djarum Foundation. Ohya satu lagi: jika kau mau gaji ketigabelas, di sinilah saatnya. Hahahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s