Back Again

Saat menulis, kadang kita hanya ingin menulis saja. Menulis sesuatu yang tidak ada atau yang tidak berhubungan dengan pengalaman atau apapun. Tapi orang-orang kadang sensitif. Lebih peka (atau lebih kepo) dari si penulis sendiri. Terkadang si pembaca berkomentar mengenai suatu hal yang bahkan bagi penulisnya saja tidak pernah kepikiran. Tapi ada benarnya juga suatu kali. Ya, respon orang lain yang membaca tulisan kita merupakan hal yang dinanti, bagi saya. Apakah itu sesuai ekspektasi, atau tahu-tahu muncul opini mengagetkan, asyik sekali. Tapi ya itu tadi, yang saya heran, banyak tulisan yang muncul tiba-tiba di benak. Ditulis tanpa maksud tanpa kepentingan apa-apa. Lalu ada respon yang tidak berhubungan, namun jadi berhubungan kalau dipikir melalui sudut pandang si pembaca. Unik memang. Kalau saya, hanya bisa merespon: tulisan hanya fiktif belaka, tidak berhubungan dengan tempat, kejadian, atau peristiwa yang sudah ada. Tapi terkadang saya menyembunyikan nilai tanda di dalamnya. Dan terkaget-kaget sendiri saat ada yang menyadarinya.

Selamat pagi, saya bergabung kembali.

Leave a Reply

