Dunia Si Hobi Gambar

Saya senang mengamati perkomikan atau dunia gambar menggambar di Indonesia. Menurut amatan, sekarang kreator-kreator ini mulai berani unjuk gigi. Saya mau bicara soal artist yang bukan profesional ya. Karena saya termasuk ke dalamnya. Hihi. Semakin banyak grup, komunitas di dunia maya maupun nyata yang mewadahi “manusia-manusia kertas dan pensil”. Saya tergabung dalam beberapa di antaranya. Kadang diskusi, kadang share event, kadang pamer. Ya pamer gambar tentunya. Bagi tukang gambar, pamer bukanlah sesuatu yang negatif. Pamer di sini adalah menunjukkan kemampuan gambar dan minta saran pada penghobi gambar lain. Tapi fenomena yang sekarang sedang ramai (padahal nggak banget lah) adalah artist yang mengupload karya lalu bilang: “hai, minta kritik saran dong. Maaf itu doodle, digambar sembarangan, dan masih newbie.” Padahal gambar dia di atas rata-rata. Der. Itu penyakit oknum tukang gambar. Merendah untuk meninggi. Saya risih sebenarnya jika ada artist yang berkata begitu, padahal kemampuan gambarnya lumayan. Mengesankan dia bisa menggambar apapun meski males-malesan, dan hasilnya bagus. Huft. Bagi saya, kemampuan gambar bukan diukur dari gambar bagus yang dibuat padahal asal-asalan. Tapi, bagaimana proses ia menghasilkan karya dan kualitas hasilnya. Ada dua elemen di sini. Tapi ya itu tadi pamer karya di komunitas menjadi ajang pertaruhan gengsi bagi mereka yang sudah menganggap dirinya pro. Entahlah. Yang pasti saya ambil jalan tengah. Saya menggambar sebagai hobi (kadang cari uang saku juga sih wkwk) dan menggambar dengan hati. Apa yang ingin saya gambar, saya gambar. Media, cara, proses, berjalan mengikuti. AHS. Asal Hati Senang. Dan saya tipe tukang gambar yang kalem (wkwk) karena saya lebih memilih menunggu komentar daripada meminta komentar. Yah, ada sisi negatif juga sih dari sifat saya ini. Banyak gambar yang cuma diam anteng di sketch book atau kertas binder. Tapi akhir-akhir ini saya punya pikiran untuk membuat galeri di media sosial. Instagram atau apalah. Sudah saatnya unjuk gigi. Hehe.

Selamat berkarya. Nantikan saya. Hehe.

Leave a Reply

