#Filosofi: Akhir Itu Awal, Awal Itu Akhir

Bab pertama novel The Five People You Meet in Heaven diberi judul “Tamat”. Mengingatkan jika akhir merupakan awal dari yang lain. Bahkan terkadang sulit membedakan mana yang awal, dan mana yang akhir. Terasa sama jika dilihat dari dua sisi. Apa yang digambarkan Mitch Albom dalam novel tersebut mengenai kematian menjadikan perenungan tersendiri. Saat seseorang mati, dia sedang dikenalkan pada permulaan. Ospek kehidupan setelahnya. Hingga ia mengakhiri pengajaran mengenai akhirat, ia menunggu yang lainnya untuk ditemui di akhirat pula. Bagi yang mati, permulaan adalah saat ia menunggu orang lain menyusulnya. Ya itu tadi, akhir merupakan permulaan dari yang lain, dan awal merupakan suatu akhir di sisi lain.

 

Digambarkan jika surga berada di tempat yang kita tahu. Tempat yang nyaman, atau tempat yang sangat kita kenal, atau tempat yang mewarnai sebagian besar hidup. Jika kita meyakini apapun yang kita lakukan haruslah baik dan di tempat yang baik pula, maka surga akan menghampiri tidak jauh. Begitu katanya.

 

Filosofi yang hadir, seseorang tidak bisa menyombongkan hari akhir. Tidak bisa memberi lingkaran di kalender kapan pengakhiran akan datang. Tidak bisa gembar-gembor tentang akhir dari suatu hal. Karena bagaimanapun, akhir belum datang. Akhir sudah datangpun, tidak disadari manusia sebagai akhir. Terkadang apa yang dianggap akhir merupakan awal. Dan awal bisa menjadi akhir, jika percaya. Yang pasti, hidup untuk hari ini merupakan penggambaran sempurna bagi kita yang tidak tahu rahasia awal dan akhir yang ditulis Tuhan dalam buku skenario-Nya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s