Inilah Beswan

Banyak nih yang tanya tentang Djarum Beasiswa Plus. So saya jelasin singkat *entahlah bisa dibilang singkat atau nggak :’)* di sini ya. Djarum beasiswa plus itu beda dengan beasiswa lain. Selain uang beaiswa 9 juta setahun atau 750k per bulan, banyak lagi yang didapat. Ilmu tentang softskill. ‘Halah beasiswa lain juga banyak yang kasih softskill!’ Hold on. Softskill yang dari Djarum Foundation beda. Tak jelasin nanti.

Syaratnya apa aja? Mahasiswa semester 4 S1 atau D4 yang universitasnya terdaftar sebagai partner, aktif organisasi, ada surat keterangan belum mendapat beasiswa, transkrip KHS. Udah. Itu aja. Lalu ada seleksi tingkat regional.

Seleksinya susah? Unfortunately persaingan ketat banget dan seleksi bertahap-tahap. Saingan dengan anak pinter semua bro. Untuk DSO Semarang sendiri, waktu angkatan saya (angkatan 2014-2015) kalau nggak salah, ada 800an anak yang lolos ke tahap psikotes dari ribuan pelamar berkas yang masuk. DAN yang membuat seleksi ini dramatis adalah peserta lolos ke tahap selanjutnya dikit banget… Sekitar 200an peserta yang diambil dari seleksi psikotes untuk lanjut ke seleksi IGD dan interview. Pengumuman cuma 2-3 jam saja sejak peserta kelar psikotes! Deg-degan banget waktu nunggu pengumuman… Yang jelas, sebaiknya pake identitas diri sendiri aja. Maksudnya, jangan jadi orang lain saat tes terutama IGD dan wawancara. Karena Djarum Foundation mencari anak-anak unik dan gampang sosialisasi, dah gitu aja.

Dari ribuan pendaftar, untuk Semarang tahun aku akhirnya terpilih 52 biji yang dengan resmi menyandang status Beswan Djarum. :’)

Pelatihan yang didapat intinya mengajarkan hal yang berkesinambungan. Maksudnya, dalam setiap kegiatan, ilmu akan dilanjutkan ke kegiatan selanjutnya. Dan Djarum Foundation itu sama sekali nggak pelit. SAMA SEKALI. Dalam pelatihan softskill, selain ilmu-ilmu keren dari pembicara terbaik di Indonesia, semua servis yang diberi Djarum Foundation membuat kita tercengang-cengang. Total bro, total. Mulai dari hotel kelas satu, tools yang adaaaaaaa aja (kaos, tas, buku, dll), transport dan makan untuk kepentingan Beswan ditanggung penuh (Djarum Foundation bakal menanggung hingga hal-hal kecil saat kegiatan :’)) Yang paling penting, kita dapat keluarga baru yang keren-keren banget dari seluruh Indonesia!

Nation Building adalah saat di mana Beswan se-Indonesia (angkatanku 516 anak) berkumpul di Semarang untuk bertemu, dan mengadakan pertunjukan besar sebagai seremoni bergabungnya kita di keluarga besar Djarum. Dari situ aku sadar kalau menjadi Beswan itu benar-benar rezeki, hasil yang manis. Makanan tumpeh-tumpeh, tools anak Beswan Djarum bikin koper overload.

Character Building, kita akan ditempa *dikata besi?* di dalam hutan Cikole yang dingin dan berbatu bersama bapak-bapak instruktur keren dari Zone 235. Fisik sangat dikuras, tapi intinya bukan itu. Intinya adalah mengajarkan bagaimana kita menguasai diri dan bekerjasama dengan orang lain. Kotor, pegel, lecet, kehujanan, basah, dingin, tapi dapat ilmu banyaaaaaak!

Leadership development–paling berkesan menurut saya :’)–mengajari kita menjadi pemimpin yang baik. Yang berwawasan, memiliki visi, jago komunikasi, bisa mengajak pengikutnya. Di sini, yang dikuras adalah otak bro. Membuat project, bergabung dengan kelompok yang orang-orangnya baru bertemu di situ. Tapi membuat ikatan saudara jadi erat banget! Kangen banget sama tim Dhandanggula. :’) Tempatnya di kota-kota besar di Indonesia. Pembicaranya nggak terbayang deh kerennya! Di situlah kami jadi dekat banget dengan Mba Rosi Silalahi. Yang paling menarik karena bounding di sini bakal terjalin banget. Jadi semacam event terakhir kumpul dengan teman-teman Beswan se-Indonesia. Jadi sediiiiiih pas perpisahan 😥

Ada juga Community Empowerment yang mengharuskan Beswan membuat proyek di masyarakat. Pengabdian masyarakat gitu lah istilahnya. Ada juga Writing Competition dan Blog Competition untuk Beswan Djarum. Wawawa nggak sabar!

Yang pasti saya merasa bersyukur dan beruntung banget menjadi keluarga Beswan Djarum. Banyak hal dan pengalaman yang nggak pernah saya dapat kecuali di sini. Ya, bener. Nggak terbayang kalau hanya membaca, harus mengalami sendiri! :’) So I promise that I never forget the memories, knowledges, and the surprises!! Luar biasa fantastis yes yes yes jadi Beswan itu. >< Berada di antara anak-anak hebat, cerdas, aktif dari seluruh Indonesia dan mengalami pengalaman luar biasa. Pokoknya kalau sedang atau akan berada di semester 4, harus ikut seleksinya ya! Be the next Beswan!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s