Lebih Banyak Gagal Itu Penting

Rasanya pingin tulis semua hal (proyek, kompetisi, beasiswa) yg pernah diikuti dan gagal. Bakal nambah motivasi untuk nggak menyerah dan terus berjuang! Kalau yang sukses terus yang diingat, nggak bakal ada rasa ingin berjuang lebih keras. Yap.

Sekian banyak hal yang nekat maupun dipersiapkan secara matang untuk saya ikuti. Mulai beasiswa universitas ke Jepang, pertukaran pemuda, lomba komik strip, lomba desain kartu ATM, lomba menulis, masih teramat banyak lagi yang bahkan saya nggak ingat. Tapi saat membuka file lama di laptop, teringatlah semua pahit getir manis gurihnya mencoba meraih sesuatu yang menjadi impian.

Ya, jika yang dilihat hanya titik di mana kita sukses, ya keinginan untuk maju akan hilang. Berubah menjadi malas, lalu jadi “bodo amat”. Padahal di luar sana banyak orang yang berjuang untuk maju, lomba lari. Dan jika yg sudah dicapai saja yang dilihat, mungkin akan merasa sudah cukup. Lalu berakhir, mati di tempat. Saya baru sadar juga sebenarnya. Dan mulai sekarang, saya akan menganggap kegagalan sebagai patokan, bukan keberhasilan saya. Dalam gagal itu, selalu ada hal menarik yang jika terjadi lagi, kita akan tahu dan mencoba menghindarinya. Dan dalam gagal, selalu ada kenangan yang membuat saya ingin “balas dendam” pada hal serupa yang lain. Pintu lain nggak terbuka jika kita nggak berupaya untuk membukanya, kan? Yap setelah ini harus lihat kegagalan sebagai motivasi!

-Pikiran sepintas saat mendung dan nemu file project gagal padahal sudah yakin berhasil-

Leave a Reply

