Pahami Setiap Tulisan

Dalam menulis di media, harus diperhatikan siapa audiens yang “diajak bicara”. Dalam menulis di media, kita tidak bisa memilih “tulisan ini aku tujukan untuk siapa”. Itu kalau kita nggak memilih menyimpan saja tulisan di laci, sih. Saya bukan profesional menulis, atau orang yang punya banyak pengalaman menulis. Namun setidaknya, saya menghormati betul hak seseorang untuk membaca dan memberi opini mengenai suatu tulisan. Jika tulisan kita ditanggapi negatif oleh publik, bukan kita yang seharusnya menyalahkan isi opini publik tersebut, namun seharusnya kita yang menilik ulang tulisan kita. Ada pesan, ada feedback. Pesan negatif, tidak mungkin feedback positif karena komunikasi terus berputar.

Saat suatu konten tulisan menyinggung suatu pihak, hendaknya kita benar-benar memahami apa yang kita tulis. Karena sekali lagi, opini merupakan hak sehingga apapun feedback yang diberikan, itu harga yang harus kita bayar. Cek dan ricek adalah hal yang harus. Berhati-hati saat menulis adalah suatu awal yang mutlak menurut saya. Di saat tulisan masuk media, tulisan itu menjadi milik publik. No doubt, komentar yang masuk juga hak publik. Sehingga apapun yang kita tulis, harus benar-benar kita tahu intisari kata per kata.

Yang pasti, menulis adalah kegiatan menyenangkan. Jika sulit mengatakan sesuatu secara verbal, menggunakan tulisan adalah pilihan terbaik. Namun sekali lagi harus dimengerti jika tulisan tidak bisa dipatok akan dipahami secara tunggal saja. Tidak ada makna tunggal untuk teks apapun. Banyak makna berbeda dalam tiap kalimat yang dituliskan. Yang perlu disiapkan adalah bagaimana tanggung jawab kita terhadap tulisan yang kita buat. Fenomena plagiarisme, tulisan yang memojokkan, tulisan kontroversial, adalah contoh dari tidak adanya tanggung jawab seseorang saat menulis. Kepandaian dan pengalaman hidup tidak menjamin tulisan menjadi dipercaya dan benar seutuhnya. Kita yang mengerti, seharusnya tahu bagaimana cara menyikapi.

Selamat menulis semua~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s