Pemikiran Modern Pramoedya

Bagi kita yang sudah hidup di zaman serbabebas, mungkin sulit untuk paham bagaimana arti “menjadi manusia bebas”. Bagi beliau yang berpikiran modern tahun 1900an, dan mampu memikirkan gagasan manusia bebas, menjadi suatu keajaiban pikir manusia. Namun saat itu pemikiran semacam itu dianggap sesat dan tidak mungkin terjadi, sampai harus dibui juga. Tapi bagaimanapun, beliau sudah menyampaikan gagasan amat maju dan berani mengemukakan pendapatnya. Ya, zaman itu di mana semua mulut disumpal oleh jabatan, kekuasaan, dan hierarki kelas.

Tidak ada siapapun yang berani mengemukakan opini di saat penguasa masih berupa tirani. Beliau ini berani, melalui tulisan dengan tokoh rekaan yang kuat karakternya. Seolah ada, hadir untuk membawa seruan perubahan, meski hanya dalam cerita fiksi–beberapa tidak. Dituangkannya semua gagasan modern dan maju yang mendiami pikirannya sepanjang hidup. Berteriak menyerukan perdamaian dan kebebasan utamanya. Dengan kata-kata gamblang, terkadang satir, ada juga yang menohok hati, seringkali menentang kebiasaan bahkan adat. Beliau menyuarakan kemuakannya akan manusia saat itu yang runduk-tunduk pada golongan dan jabatan. Manusia yang sama-sama memijak bumi,namun dipisahkan batas-batas tidak kasat mata.

Sangat mengesankan, beliau terus berjuang. Melalui tulisan, disebar dengan luas, lalu diburu, dibui tanpa diadili, hingga akhirnya kini semua di dunia bisa membaca perjuangannya, diakui, dihargai. Meski beliau tidak merasakan bagaimana rasa kebebasan itu, sayangnya. Apa yang menjadi cita-cita dan angan-angan akan kebebebasan kini banyak yang terbukti. Dan beliau mengajarkan kita bahwa cita-cita setinggi langit atau keinginan perubahan sebesar angkasa bukan suatu ketidakmungkinan. Ada jalannya jika mau bersuara dan berbuat sesuatu.

“Masa terbaik dalam hidup seseorang adalah masa ia dapat menggunakan kebebasan yang telah direbutnya sendiri,”

-Pramoedya Ananta Toer, Jejak Langkah-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s