Saat Eksistensi Berubah Bentuk

Jagad raya tidak menyiakan sesuatu. Tidak ada yang mati, hanya berubah bentuk. Kutipan ini sangat mengena di twist film The Day The Earth Stood Still, 2008, dibintangi Keanu Reeves. Memang terkadang sebuah fiksi terasa lebih “menampar” maknanya daripada nasihat konkrit, nyata, yang diucapkan seseorang pada orang lain dalam keadaan tertentu.

Dari quotes pendek di atas, ada suatu pesan bagi kita, manusia pada umumnya, jika saatnya nanti every humanbeing will die. Tapi, kematian itu (maaf, tidak ada keterlibatan agama atau kepercayaan apapun dalam tulisan ini) adalah bentuk evolusi kecil dari raga manusia-manusia, menjadi bagian baru dari semesta. Bukan berarti jika seseorang mati, ia akan lenyap. Namun berubah menjadi bentuk baru yang entah dalam wujud apa, yang katanya “melebur bersama semesta”. Meski Sokrates mempunyai quotes populer juga, yang intinya mengatakan: manusia eksis maka ia ada. Ya, pemahaman eksis di sini adalah “berbentuk, memiliki wujud, dan bermakna”, memiliki eksistensi (ke-ada-an) yang memiliki esensi (nilai, nilai guna). Dan sesuatu akan dianggap “ada” jika ia eksis.

Tidak memihak manapun, saya mencoba berada di tengah, dan berpikir jika apapun, dalam bentuk seperti bagaimanapun, yang suatu saat ia hilang, lenyap dan hilang eksistensinya di dunia ini, sebenarnya ia masih “ada”. Melebur bersama semesta, dengan partikel-partikel mikro yang jumlahnya miliaran. Memang ia tidak lagi eksis, namun masih ada yang tertinggal: esensi dan memori. Lalu ia menjadi bagian semesta. Menjadi bentuk yang bagaimana, masih menjadi misteri bagi kita yang belum mati. Rahasia masih tersimpan rapat dalam genggaman Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s