#Filosofi : Duality

Title: Duality

“You and me, we are duality. You and me, unite with golden line called duality. You and me, both swimming in the world of duality. But don’t forget, duality consist of what we called before, hundred years ago, as “one””.

Dalam dunia bebas, terikat dengan tali transparan bernama dualitas. Membagi secara fiksi apa yang diyakini. Membelah esensi menjadi bentuk dua energi. Kau tahu malam, akan ada pagi. Kau tahu wanita, akan didampingi pria. Kau tahu besar, akan digenapi kecil. Kau tahu awal, akan disusul akhir.

Dualitas memberi semacam relief. Kontur kehidupan yang mulanya rata. Membagi bagian hidup ke dalam kotak-kotak kayu. Menghadirkan konsep bernama ruang dan waktu. Dualitas membuat daftar kata “berharga”. Kemudian melahirkan bentuk raga baru, baik dan buruk.

Berdiri di antara dualitas, membuat paham mengapa semesta membisikkannya pada kita. Mengajarkan cara menerka, mana yang apa. Sayang terkadang membuat manusia alpa. Di mana posisi sebenarnya?

Namun dualitas seperti mengerjai. Memberi informasi dengan banyak bukti, lalu lari meninggalkan pertanyaan serbaabadi. Dualitas akan selalu ada. Tidak akan pernah ke mana-mana. Dalam peradaban dan kehidupan apa saja.

Namun semoga kau tidak pernah lupa. Bahwa kita datang sendiri, dulu. Berteman dengan satu. Menjentikkan telapak tangan dalam dimensi tiga. Lalu dibuat lupa.

Semoga kau tidak pernah lupa, awal dan akhir adalah ciptaan kita. Kotak-kotak di bumi dibuat oleh manusia. Dan dualitas muncul sebagai perantara. Otak kita yang serbaterbatas, dilengkungkan oleh gravitasi. Dikembangkan oleh imajinasi. Disusutkan dengan ambisi.

Semoga kau tidak pernah lupa. Dulu kita selalu bersama. Tidak mengerti dualitas dan anak-anaknya. Berjalan beriring mencari satu suaka. Semoga kau masih ingat rupa dan namanya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s