#Filosofi : Human

Title: Human

“Realize if someday we will be a human. For some reason, we will act like human.” Saat tersadar kemudian, siapa manusia itu, akan terjawab. Bagi yang ingin menjadi manusia, sayang sekali. Bumi bukan untuk kita. Bagi yang butuh menjadi manusia, selamat. Bumi ada sedikit ruang bagi kita. Jangan tertawa. Bersiap menjadi manusia bukan perkara sepele. Banyak rencana yang harus disusun, banyak pernak-pernik yang harus dirancang. Persiapan menjadi manusia sama saja dengan persiapan terlahir kembali, seperti kita dulu.

Ingatkah jika saat ini kita sedang hidup mirip manusia. Belum jadi yang seutuhnya, tapi hampir. Siapa yang akan menggenapi duluan, mari berlomba. Syaratnya, cuma percaya masa depan, sekaligus masa lalu. Entah yang mana namun semua berhubungan, saling melengkapi. Tidak perlu percaya, semua punya hak sendiri.

Namun ingatkah saat itu? Saat semua masih berburu dan meramu. Berpindah hidup demi tetap eksis. Saat itu, siapa yang disebut manusia? Siapa yang dinamakan apa? Ingatkah, sampai saat ini bumi masih berotasi, belum berhenti. Kemungkinan masih ada, semua serbarelatif. Silakan, bagi yang percaya.

Tahukah jika Tuhan dari robot adalah manusia? Jadi, siapakah yang dinamakan manusia? Bisa menjawab adalah hadiah terbesar. Sekali lagi, jangan tetawa. Perhatikan lagi, tetap resapi. Jangan pernah lengah. Bumi mengajarkan kita untuk tetap sama.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s